Senin, 02 September 2019

SEGAR DAN SEHAT DENGAN RESEP SALAD SAYUR

SEGAR DAN SEHAT DENGAN RESEP SALAD SAYUR

Hasil gambar untuk resep salad sayur istimewa
             
 Resep salad sayur yang segar dan menyehatkan. Mendengar kata salad, yang terbayang dalam benak kita pasti sayuran dan mayonnaise. Tidak salah memang, karena pada umumnya salad memang disajikan dengan saus atau dressing tersebut. Dalam sejarahnya, salad diambil dari bahasa Latin sebagai sayuran yang diberi garam atau Herba Salata. Salad merupakan sebutan nama dalam bahasa inggris. Sama seperti jenis makanan lainnya, salad pun mengalami perkembangan. Salad tidak hanya berupa sayuran tapi juga dicampurkan dengan bahan makanan lain seperti buah, ikan, atau daging segar yang kemudian ditambahkan dressing pada bagian atasnya sebagai penggungah selera makan. Penamaan salad pun biasanya bergantung pada dressing yang digunakannya. Secara umum, salad segar memang disajikan mentah. Namun, untuk campuran seperti dengan daging, penyajiannya kombinasi, bisa mentah dan matang.

        Terdapat banyak jenis salad sampai saat ini. Pengelompokan tersebut berdasarkan pada komposisi bahan yang digunakan, mulai dari simple salad hingga complex salad. Berbagai penyajian pun disesuaikan baik itu sebagai menu pembuka, menu utama, maupun hanya sebagai menu pendamping saja. Namun, diantara banyaknya jenis salad tersebut, simple salad sayur atau salad sayur sederhana merupakan yang paling populer dan paling mudah dibuat. Salad sayur yang original kaya akan serat. Makanan ini bisa dijadikan salah satu alternatif menu dalam menurunkan berat badan atau diet. Serat yang terkandung dalam sayuran tersebut bisa membantu memaksimalkan metabolisme tubuh dan melancarkan pencernaan. Membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Resep salad sayur pun bisa Anda, para vegetarian kreasikan agar tidak bosan. Berikut ini resep segar salad sayur simple yang enak dan segar yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-Bahan Membuat Salad:
Daun selada merah segar, 4 lembar. Cuci bersih, sobek-sobek kasar.
Daun selada hijau segar, 4 lembar. Cuci bersih, sobek-sobek kasar.
Tomat merah segar, 1 buah. Cuci bersih, iris tipis.
Paprika merah segar, ½ buah. Cuci bersih, potong kecil-kecil.
Ikan tuna kalengan, 3 sendok makan.
Minyak zaitun, secukupnya.
Lemon segar, ½ buah. Parut kulitnya. Kemudian, belas dua dan peras airnya.
Lada hitam, secukupnya.
Parutan keju cheddar, secukupnya.
Garam, secukupnya.

Cara Membuat Salad Sayur Segar:
Siapkan satu wadah berukuran cukup besar.
Masukkan ke dalam wadah tersebut, daun selada merah dan hijau, paprika merah, tomat merah, ikan tuna kalengan, serta parutan kulit lemonnya.
Tuangkan juga minyak zaitun dan air perasan lemonnya.
Tambahkan black pepper atau lada hitam serta garamnya. Aduk semua bahan dan bumbu hingga tercampur rata.
Siapkan piring saji. Ambil salad segar yang sudah dicampur tadi dan tata, letakkan di tengah piring.
Taburkan parutan keju di atasnya.
Salad pun siap disajikan.
Untuk pilihan bahan dan cara membuat dengan sayuran yang lebih banyak dan dikombinasikan dengan bahan lain, selain ikan. Anda bisa menambahkan potongan buah apel, mentimun segar, dan wortel. Keju pun bisa Anda potong kecil-kecil berbentuk dadu sama seperti sayuran lainnya. Dressingnya, agar rasanya lebih manis dan segar, tanpa perlu menambahkan minyak zaitun, bisa Anda ganti dengan mayonnaise, susu kental manis, dan saus tomat saja. Tentu saja, sangat disarankan menyajikan salad sayur ini dalam keadaan dingin. Sebelumnya, Anda bisa memasukannya ke dalam lemari es. Jika ingin menggunakansayuran matang, Anda bisa menggunakan kentang rebus dan tambahan telur rebus. Beri juga taburan piterseli di bagian atasnya. Tetap segar walaupun penyajiannya matang.

Perhatikan juga, agar dalam membuat salad sayur tersebut Anda memilih sayuran berkualitas tinggi. Sayuran segar yang warnanya masih cerah. Pada bagian tulang batangnya, sayuran pun biasanya mudah dipatahkan. Aroma segarnya masih asli serta bentuknya pun masih sangat bagus. Lebih bagus jika Anda menggunakan sayuran organik. Cuci juga sayuran tersebut menggunakan air mengalir. Begitu salad siap, segera santap jangan sampai salad tersebut berair dan hilang kesegarannya. Jika ingin mencoba resep praktis lainnya, coba juga resep spaghetti saus tomat yang tidak kalah nikmatnya. Resep spaghetti yang disajikan dengan saus tomat segar yang sehat dan mampu menutrisi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah Salad buah saat ini tengah naik pamor dan terkenal sebagai makanan kekinia...