Senin, 02 September 2019

Ini 5 Kesalahan yang Membuat Salad Jadi Tak Enak Rasanya

Ini 5 Kesalahan yang Membuat Salad Jadi Tak Enak Rasanya


Membuat salad tak sekedar memadukan semua jenis sayuran dan memberi saus agar enak rasanya. Jika ingin mendapatkan efek sehatnya ada baiknya cermati cara benar meraciknya. Menurut foxnews (13/06) ada banyak kekeliruan yang sering dilakukan orang saat membuat salada. Seperti beberapa hal yang tampak sepele ini. 

1. Sayuran tak dikeringkan 
Mencuci sayuran seperti romaine lettuce, arugula atau butterhead lettuce sangat dianjurkan untuk mengilangkan kotoran. Setelah ditiriskan, sebaiknya segera dikeringkan. Taruh sayuran di atas tissue tebal dan tekan-tekan hingga airnya terserap. Atau taruh dalam wadah khusus peniris salad, putar hingga airnya bersih. Cairan yang masih ada pada daun salad sering membuat salad berair dan lembek teksturnya. 

2. Mencampurkan semua yang ada 
Meracik salad bukan berarti mencampurkan semua daun salad dan bahan yang ada di dapur di dalam mangkuk salad. Sebaiknya dikombinasikan dua hingga tiga jenis daun selada, satu jenis protein, satu atau dua jenis topping dan saus. Atau kombinasi lainnya, selada dengan brokoli dan irisan wortel, suwiran ayam panggang, dan alpukat yang dipotong dadu, dan ditambah saus kacang pedas. 


3. Tak dibumbui 
Jika anda menggunakan saus salad botolan atau saus vinaigrette biasanya sudah dibumbui dengan garam merica sehingga tak perlu dibumbui. Tapi, jika menggunakan minyak zaitun, air jeruk lemon atau vinegar untuk saus salad, sebaiknya tambahkan garam dan lada untuk membuat rasa yang enak. Seringkali orang lupa menambahkan bumbu sehingga rasa salad hambar.


4. Salah menakar saus 
Dengan menambahkan saus pada salad rasanya jadi lezat. Tapi tentunya, jumlah saus pun harus sesuai dengan isi salad. Untuk mendapatkan rasa yang pas, tuangkan satu hingga dua sdm saus untuk 4 mangkuk daun selada. 

5. Mengaduk saus langsung 
Jika racikan salad akan segera disajikan, Anda bisa menunagkan sausnya langsung dan mengaduknya. Tetapi jika akan disajikan beberapa jam kemudian sebaiknya jangan diaduk dengan saus dulu. Rasa asam dan garam di dalam saus dapat menyebabkan sayuran menjadi cepat layu . Salad jadi berair, kurang renyah dan enak saat dimakan. (odi/odi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah Salad buah saat ini tengah naik pamor dan terkenal sebagai makanan kekinia...