Jumat, 30 Agustus 2019

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN SALAD BUAH

Makalah Kewirausahaan Salad Buah

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Usaha

Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal. Dalam kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan-makanan yang tersedia dipasaran saat ini memang sudah beragam, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan khas Indonesia, serta harga yang ditawarkan juga kebanyakan terlalu mahal.
Masyarakat saat ini berusaha mengkonsumsi makanan sehat harus menjadi kebiasaaan agar kesehatan badan terjaga. Hal itu dilakukan dengan memilih makanan alami dan dalam kondisi segar, tanpa bahan pengawet. Salah satu makanan sehat yang aman dikonsumsi adalah salad, baik salad sayuran atau buah-buahan.
Salad buah adalah makanan alternatif yang menyehatkan. Bahkan bisa mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit. Sayuran dan buah dalam salad kaya akan nutrisi, kandungan gizi, mengandung serat tinggi, juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Kita sering tak menyadari, semangkuk kecil salad buah dengan komposisi tepat, akan sangat berguna bagi ‘kesegaran’ tubuh kita. Salad memberikan kepada tubuh begitu banyak serat yang pada gilirannya akan menurunkan kolesterol dan mengurangi sembelit. Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat usaha makanan atau camilan, yaitu usaha makanan “Salad buah” untuk dikembangkan menjadi usaha besar agar masyarakat selain mandapatkan jajanan yang sedikit beragam juga mendapatkan manfaat yang terkandung pada masing masing buah buahan tersebut.




BAB II
BUSINESS PLAN
A.  Visi & Misi
Visi :
“Menjadikan “SALBUT(SALAT BUAH TERBAIK)” sebagai usaha terkenal dengan berbagai rasa yang bervariasi untuk memuaskan para konsumen”.
Misi :
1.  Mengutamakan kualitas dalam pelayanan
2.  Berorientasi kepada kepuasan konsumen
3.  Mengembangkan inovasi – inovasi baik dalam produk maupun pelayanan
4.  Mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5.  Menambah wawasan tentang cara berwirausaha tentang salad buah 


B. Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil yang akan di jual di daerah kampus UNEJ tepatnya di gedung UPT Perpustakaan namun seiring berjalannya waktu bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati produk salad buah  ini terutama bagi yang suka buah dan sayur.

C. Tujuan
1.      Mendapatkan keuntungan dari produk ini.
2. Membuat produk makanan yang mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan           masyarakat.
3.      Memanfaatkan dan meningkatkan hasil olahan dari pisang ambon dan tepung terigu menjadi produk makanan yang bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan alternatif pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan bergizi.
4.      Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa Cup Cakes pisang inimempunyai nilai cita rasa yang tinggi.



BAB III
ANALISIS USAHA
A.         Rencana Produk
SALBUT(SALAD BUAH TERBAIK) ialah salad buah yang dimasukan dalam gelas cup yang dapat dijadikan camilan bergizi. Adapun bahan utamanya adalah buah-buahan yang memiliki nilai gizi tinggi.
B.         Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan SALBUT(SALAD BUAH TERBAIK) ini diantaranya :
1.              Hidangan lezat dan bergizi
2.              Harga relatif terjangkau oleh semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak-anak, remajamaupun orang tua.
3.              Disajikan dengan berbagai macam bentuk dan rasa.
   



BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A.       Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan yang menjual makanan ringan yang lezat dan bergizi dan disajikan dengan berbagai rasa dimana konsumen dapat memilih langsung buah yang diinginkan. Adalapun ukuran salad buah  ini, yaitu ukuran gelas cup

B.       Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu dengan produk salad buah ini. Dalam  usaha ini tidak memerlukan banyak orang karena usaha ini masih kecil-kecilan dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus akan tetapi dibutuhkan sikap tekun, & sabar.








BAB V
RENCANA PRODUKSI

A.      Bahan Baku dan penggunaannya

Bahan-bahan untuk membuat Banana Cup Cakes :
Bahan Baku :
1.   Buah Aple ( fuji/hijau )
2.   Buah Melon ( hijau/kuning )
3.   Buah Semangka
4.   Mayonaise
5.  Susu
6.   Es batu        
7. Gelas Plastik Cap
8. Sendok mini Plastik
B. Proses Produksi
Adapun cara pembuatan SALBUT(SALAD BUAH TERBAIK)  adalah :
1. Pertama kupas semua buah
2.  Setelah itu tambahkan potong-potong buah dalam bentuk dadu berukuran kecil-kecil
3.  Lalu simpan buah dalam lemari pendingin
4.  Masukan buah yang dipilih sesuai dengan keinginan ke dalam tempat yang berupa gelas cup
5. Tuangkan adonan yaitu seperti mayonise,yakult,susu ke dalam buah
6.  Kemudian aduk sampai merata





BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.       Analisis Persaingan Usaha
        Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau               pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.      Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam buah dengan berbagai manfaat yang terkandung padanya dan terjamin dan higienis
2.      Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
Tidak tahan lama, minimal kami dapat memper panjang jangkauan kekuatan layak konsumsi produck selama 3 hari jika selama produck kami terletak pada lemari es pendingain,
Produknya mudah ditiru, karena sangat mudah sekali membuatnya namun berbedanya pada saos mayonese kami yang kami jaga betul resep yang ada pada kandungannya.
3.      Opportunity (Peluang)
Tempat Strategis, karena pada lingkungan kampus banyak orang yang ingin hidup sehat. Maka peluang mencukupi karena mereka berusaha menjaga pola makan sehatnya.
4.      Threath (Ancaman)
Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah, kami menyiasati ancaman itu dengan selalu mencari inofasi pada produck kami dari segi rasa, dan utamanya adalah kebersihan atau higenisnya dalam produck kami.

B. Analisis 4P
1. Product
Brand : SALBUT(SALAD BUAH TERBAIK)
Quality : Tanpa bahan pengawet
Packing : Menggunakan gelas cup
2. Price
Untuk harga awal, SALBUD  dijual langsung kepada konsumen dengan   harga Rp 5000 per pcs
3. Promotion
a. Personal Selling : Pemasaran awal produk kami melalui mulut ke mulut, dimana melalui mulut ke mulut kemudian terus berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk melalui jaringan internet melalui social media seperti facebook dan twitter.
4.  Place
Tempat yang dipilih yaitu di area kampus UNEJ tepatnya pada acara EXPO yang dilakukan oleh PSSI

C. Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah kampus UNEJ. Alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah ditemukan di daerah ini dan juga belum ada yang menjual salad buah di wilayah ini.
2.  Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada kalangan mahasiswa dan masyarakat yang berada di kampus UNEJ.




BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A.      Biaya Awal
Biaya Variabel :
1.   Buah Aple ( fuji/hijau )                       2kg                  Rp 25.000
2.   Buah Melon ( hijau/kuning )               1 buah             Rp 15.000
3.   Buah Semangka                                  1 buah             Rp 10.000
4.   Mayonaise                                           1kg                  Rp 10.000
5.  Susu                                                     2kaleng            Rp 18.000
6.   Es batu                                                10 buah           Rp 5.000
7. Gelas Plastik Cap                                  50 buah           Rp 20.000
8. Sendok mini Plastik                              50 buah           Rp 10.000

Keterangan : masing –masing jumlah untuk satu kali penjualan
Biaya Tetap : Rp 113.000
Modal berasal dari pribadi
Total anggota 5 orang
1 orang @Rp 24.000

B.       Harga Per unit
Harga jual 1 Cup Salad Buah Rp 5.000 .
Target penjualan Banana Cup Salad Buah per hari adalah 50 cup.

C.      Modal Awal
Total Biaya Awal
= Rp 113.000

D.      Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari minggu pada tanggal 5 Juni 2016. Berikut  rinciannya :
-          Pendapatan = Rp 5.000 x 50 cup = Rp 250.000 dengan biaya variabel = Rp 113.000
Maka laba kotor yang akan dicapai dalam 1 kali penjualan
Rp 250.000 – Rp113..000 = Rp 137.000
E.       Pengembalian Modal
Total modal awal : keuntungan per 1 kali penjualan = Rp 137.000:5orang= Rp 27.000
BAB VIII
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk SALBUT(SALad BUah Terbaik).



BAB IX
PENUTUP

       Usaha SALBUT(SALad BUah Terbaik) ini termasuk usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang tinggi karena wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual salad buah dengan isi memilih sendiri sesua dengan keinginan pembeli. Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya.
lanjut baca artikel klik disini ya kawan....semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah Salad buah saat ini tengah naik pamor dan terkenal sebagai makanan kekinia...