Jumat, 30 Agustus 2019

RESEP DAN CARA MEMBUAT SALAD BUAH

Resep dan Cara Membuat Salad Buah 

Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Sehat dan Bergizi

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap sehat. Buah dan sayur mengandung banyak sekali nutrisi yang baik, kuat dan penting seperti vitamin, mineral, serat dan lain-lain.

Banyak jenis olahan makanan yang berbahan dasar buah atau sayur, salah satunya yang saat ini populer adalah salad buah. Sudah tahu kan apa itu salad buah?

Kata salad  berasal dari bahasa latin yaitu “herba salata”  yang artinya herba adalah sayuran dan salata yang artinya adalah digarami atau diberi garam, jadi herba salata adalah sayuran yang diberi garam.

Salad adalah menu makanan sehat yang biasanya dapat kita temukan di berbagai restoran yang menjual makanan khas dari luar negeri.

Disebut sebagai menu makanan sehat karena secara keseluruhan bahan-bahan yang digunakan terdiri dari berbagai buah-buahan atau sayuran yang kemudian disiram dengan saus spesial (dressing).

Salad buah berarti makanan yang bahan utamanya adalah campuran buah segar yang diberi tambahan saus (dressing).

Suatu salad dapat disajikan dalam keadaan dingin (setelah didinginkan terlebih dahulu dalam lemari pendingin) atau disajikan dalam temperatur ruang, dan dapat juga menjadi isi dari roti (sandwich).

Salad buah sangat bagus dikonsumsi oleh semua orang, terutama mereka yang memiliki riwayat kesehatan yang buruk atau karena memiliki berat badan berlebihan. Salad buah adalah salah satu pilihan menu makanan yang patut untuk Anda coba.

Manfaat Salad Buah
Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Sehat dan Bergizi

Buah adalah obat alam yang mengandung banyak vitamin, mineral, anti-oksidan dan banyak nutrisi nabati. Bukan hanya karena warna dan rasa yang lezat,  tapi yang penting adalah nutrisi untuk membantu tubuh agar tetap fit dan sehat.

Dalam salad buah biasanya terdiri dari campuran berbagai buah yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat-manfaatnya:

  1. Buah yang rendah kalori dan lemak merupakan sumber gula sederhana dan vitamin, yang penting untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh.
  2. Buah menyediakan banyak serat dapat membantu untuk menangkal kolesterol dan lemak dari tubuh dan dapat juga mengatasi sembelit.
  3. Buah yang mengandung banyak anti-oksidan seperti flavonoid poli-fenolik, vitamin C, dan antosianin dapat membantu tubuh manusia dari stres oksidan, kanker, serta dapat membantu tubuh mengembangkan kemampuan untuk melawan penyakit ini dengan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh.
  4. Membantu tubuh mencegah atau setidaknya memperpanjang perubahan alami ,penuaan dini dengan melindungi dan meremajakan sel-sel, jaringan dan organ.

Manfaat salad buah secara keseluruhan sangat banyak sekali, seperti melindungi diri dari penyakit ringan seperti kerutan pada kulit, rambut rontok, penyakit Alzheimer, kanker usus, tulang lemah (osteoporosis) dan masih banyak lagi yang lainnya.
Banyak sekali kan manfaat dari salad buah ini. Selain enak, lezat dan banyak manfaat, ternyata cara pembuatan salad buah ini tergolong mudah.

Untuk itu simak resep dibawah ini dan perhatikan dengan benar agar hasilnya enak dan dapat menggugah selera. Berikut cara membuatnya.

Cara Membuat Salad Buah Enak dan Sehat
Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Sehat dan Bergizi
endahsekali.wordpress.com
Bahan Utama Salad
200 gram buah anggur segar (agar lebih cantik warnanya, lebih baik jika memakai buah anggur dengan beragam warna, mulai dari yang hijau hingga yang ungu), belah menjadi dua dan buang bijinya
200 gram buah apel segar, potong-potong sesuai selera
200 gram buah mangga arumanis segar,vkupas dan dipotong bentuk dadu
200 gram buah stroberi segar, belah menjadi dua bagian atau empat bagian (sesuaikan dengan selera)
200 gram daun selada segar, potong-potong

Bahan Saus
150 ml mayones
2 sdm keju cheddar yang telah diparut
2 sdm susu kental manis
1 sdm air perasan jeruk nipis
1/2 sendok teh kulit jeruk nipis yang sudah diparut

Cara Membuat Salad Buah
Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Enak, Sehat dan Bergizi
1. Masukkan semua bahan utama salad kedalam lemari es hingga menjadi lebih dingin
2. Campur dan aduk sampai rata semua bahan saus, kecuali keju parut
3. Keluarkan salad buah dari dalam lemari es dan masukkan ke dalam baskom atau wadah
4. Aduk semua buah menjadi satu lalu taburkan parutan keju di atasnya (taburan keju sesuai selera)
5. Siramkan semua saus diatas campuran buah secara merata
6. Salad buah siap untuk dinikmati
Catatan: Buah yang digunakan bisa sesuai selera, tidak harus sesuai dengan resep di atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah Salad buah saat ini tengah naik pamor dan terkenal sebagai makanan kekinia...