Jumat, 30 Agustus 2019

CARA MEMBUAT SALAD SAYUR SEGAR DAN MENYEHATKAN

Cara Membuat Salad Sayur Segar dan Menyehatkan

           
Salad merupakan sejenis makanan yang terbuat dari dari berbagai macam sayuran ataupun buah – buahan yang diberi bumbu, saus, ataupun bahan pelengkap lain yang siap makan. Mungkin bagi sebagian orang masih terasa asing jika mendengar kata salad, meskipun bukan sebagai makanan utama tetapi kandungan gizi pada salad buah ataupun sayur sudah bisa mencukupi kebutuhan gizi seseorang. Tidak heran jika kebanyakan orang mengkonsmusi salad sebagai penurun berat badan atau diet sehat. Pada artikel kali ini sipendik akan membahas secara lengkap tentang bahan dan cara membuat salad sayur yang sangat mudah untuk dicoba di rumah sehingga untuk menikmati salad sayur Anda tidak perlu jauh – jauh keluar rumah untuk mencari tempat makan mewah yang menyediakan menu ini, mengingat jarang sekali tempat makan yang menyediakan salad. Nah, cara menikmatinya bisa disajikan dalam keadaan dingin yaitu dengan mendinginkan atau memasukkan salad sayur ke dalam kulkas terlebih dahulu, bisa juga dinikmati pada suhu ruangan. Selain itu salad sayur buatan Anda juga dapat digunakan sebagai bahan isian roti tawar. Nah , bagaimana cara pembuatannya ? Langsung saja kita simak ulasan berikut ini yang akan membahas tentang cara membuat salad.

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat salad sayur :
  1. 4 lembar daun selada merah segar, cuci bersih menggunakan air yang mengalir, iris atau sobek – sobek kasar
  2. 4 lembar daun selada hijau segar, cuci bersih menggunakan air yang mengalir iris atau sobek – sobek kasar
  3. 1 buah tomat merah segar, cuci bersih lalu iris tipis
  4. ½ buah paprika merah segar. Cuci bersih lalu potong dadu kecil – kecil
  5. 3 sendok makan daging ikan tuna kukus
  6. Minyak zaitun secukupnya
  7. ½ buah lemon segar, parut kulitnya lalu belah menjadi dua bagian dan peras ambil airnya.
  8. Lada hitam bubuk secukupnya
  9. Garam halus secukupnya
  10. Keju cheddar secukupnya, parut memanjang

Langkah – langkah membuat salad sayur :
  • Siapkan wadah dengan ukuran cukup besar
  • Masukkan daun selada merah dan hijau yang sudah di sobek – sobek, irisan paprika merah, irisan tomat merah, daging ikan tuna kukus, dan parutan kulit lemon. Kemudian tambahkan minyak zaitun dan perasan air lemon. Selanjutnya masukkan lada hitam bubuk dan garam halusnya. Aduk semua bahan sayur dan bumbu hingga merata.
  • Siapkan tempat atau piring penyajian, masukkan salad sayur yang sudah Anda buat ke dalam piring dan tata secantik mungkin.
  • Terakhir beri taburan keju di atas salad sayur
  • Salad sayur yang menyehatkan buatan Anda siap untuk disajikan

Itulah tadi cara membuat salad sayur segar dan menyehatkan di rumah dengan bahan yang sederhana dan sangat sering kita jumpai. Sebagai bahan pelengkap Anda juga bisa menggunakan mayones, saus tomat, maupun saus sambal. Selain salad sayuran terdapat juga salad buah atau salad buah – buahan yang bahan utamanya tentu saja dari berbagai macam buah – buahan segar. Jenis sayuran yang digunakan tidak harus sama dengan di atas, Anda bisa memilih jenis sayur sesuai kesukaan Anda seperti mentimun, jagung manis kukus, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah

Dari Modal Rp 200 Ribu, Kini Ugha Punya Tiga Gerai Salad Buah Salad buah saat ini tengah naik pamor dan terkenal sebagai makanan kekinia...